23 April 2016

Hari Bumi SeDunia 2016





Apa yang perlu Anda ketahui di Hari Bumi 2016 ini?

Thomas Crowther, peneliti dari Universitas Yale di Amerika Serikat menyebutkan, jumlah pohon di dunia sekarang ini mencapai 3,04 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,39 triliun di antaranya tumbuh di lahan tropis dan sub tropis. Lalu 0,61 triliun berada di kawasan beriklim sedang dan 0,74 triliun di hutan yang berada di kawasan bawah Arktik.
Telah kita ketahui, manfaat yang dihasilkan pada satu pohon sangat berguna dalam mendukung kehidupan di seluruh dunia. Ini dia manfaat dalam satu pohon yang jarang Anda ketahui.
  • Satu pohon dewasa dapat menghasilkan oksigen untuk empat orang per harinya.
  • Satu pohon dewasa dapat menyerap satu ton karbon dioksida per tahunnya.
  • Satu pohon dewasa bisa menghilangkan polusi 70 kali lebih banyak dibanding pohon yang baru ditanam.
  • Satu pohon yang berada di sekitar bangunan bisa menghemat penggunaan AC sebesar 30 persen.
  • Satu pohon dewasa bisa menghasilkan hingga 100 liter air per harinya.
  • Satu pohon dapat meningkatkan nilai properti hingga 14 persen.
  • Satu pohon dewasa memiliki nilai sebesar Rp 131,5 juta.
  • Satu pohon dewasa menghasilkan lebih dari 15.000 produk hutan.
Ironisnya, meski jumlah pohon di dunia mencapai triliunan, benarkah pohon yang berperan sebagai penyeimbang bumi kian lenyap?
Berdasarkan data terbaru dari jurnal ilmiah Nature yang dipimpin oleh Thomas Crowther, manusia telah menebang 15 miliar pohon tiap tahunnya atau setara dengan 48 lapangan sepak bola setiap menitnya.

Saatnya Membuat Sebuah Perubahan
Atas latar belakang tersebut, Hari Bumi Sedunia 2016 ini mengusung tema "Trees for the Earth". Tema ini akan fokus diterapkan di beberapa wilayah di dunia dengan kawasan hutan yang paling mengkhawatirkan akibat deforestasi, termasuk di Indonesia. Maka dari itu, Hari Bumi 2016 menargetkan untuk menanam sebanyak 7,8 miliar pohon (dengan cara menanam 4-5 pohon di setiap halaman rumah atau sekitar bangunan) dalam rangka menyambut Hari Bumi ke 50 pada tahun 2020 mendatang.
Penanaman 7,8 miliar pohon di seluruh dunia ini bertujuan untuk:

1. Membantu memerangi perubahan iklim
Perubahan iklim akan meningkatkan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem. Dalam satu tahun, dibutuhkan sekitar 96 pohon untuk menyerap jumlah CO2 yang dihasilkan oleh satu orang. Keberadaan pohon ini berperan melakukan isolasi untuk bumi dan membantu untuk menjaga suhu bumi agar senantiasa konsisten. Selain itu, pohon juga bermanfaat untuk mengurangi zat pencemar udara, seperti sulfur dioksida, asam sulfat, amonia, nitrogen oksida, dan ozon.

2. Melindungi keanekaragaman hayati
Lebih dari setengah spesies tumbuhan dan hewan di dunia menjadikan pohon sebagai habitatnya. Dengan menanam pohon berarti kita membantu melindungi keanekaragaman hayati di dunia dan membantu menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di hutan.

3. Membantu kehidupan manusia di berbagai bidang
Penanaman pohon juga membantu manusia meningkatkan perekonomian dan lingkungan dalam jangka panjang, menjaga persediaan makanan, dan energi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekolah yang di sekitarnya terdapat pohon berhasil mengurangi tingkat asma dan penyakit paru-paru, serta membantu siswa dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) untuk berkonsentrasi lebih lama.
Penanaman pohon juga memberikan manfaat langsung untuk kehidupan manusia, seperti meningkatkan nilai properti, mengurangi sampah, meningkatkan kohesi sosial, dan sejumlah manfaat sosial serta psikologis lainnya.

Ayo sukseskan Hari Bumi 2016 dengan menanam pohon untuk masa depan bumi kita!
Semoga Bermanfaat, Salam Safety!

sumber : safetysign

No comments:

Post a Comment